Kamis, 20 November 2008

Mencari Sosok Politisi

Sepuluh tahun pasca reformasi kondisi Indonesia secara keseluruhan memang masih belum menunjukkan kondisi yang lebih baik. Begitu banyak permasalahan sosial yang belum bisa terselesaikan. Apapun kondisi Indonesia sekarang dan masa depan nyatanya tidak bisa lepas dengan situasi polik yang ada. Olehnya kemudian diperlukan pemimpin politik yang memiliki latar belakang cukup baik dan memiliki motivasi, semangat, dan keyakinan dalam menghadapi masalah hari ini dan hari depan. Pemimpin politik yang dicari adalah orang-orang yang dapat menumbuhkan dan menguatkan kesadaran serta keyakinan bahwa Indonesia sanggup memulai hidup dari kekuatan sendiri.

Kesadaran dan keyakinan masyarakat menjalani hajat hidup hari ini dan hari depan juga dapat dibangkitkan kalau sang pemimpin politik bersedia konsisiten. Stop korupsi dan segala bentuk komersialisasi kekuasaan yang melibatkan korporasi besar dan membuat masyarakat menderita, sementara sang pemimpin politik bergelimang harta. Masyarakat butuh pemimpin politik yang tidak takut memaknai jabatannya sebagai perjuangan kepahlawanan. Dari sinilah perilaku politik calon pemimpin yang diajukan baik oleh Partai Politik ataupun kelompok Independen diuji, apakah punya kredibilitas dan integritas mengemban daulat rakyat?

Persoalan yang dihadapi rakyat bangsa ini, seperti adanya diskriminasi, ketidakadilan, dan pemerasan sosial bukan disebabkan oleh minimnya solusi yang ditawarkan, melainkan kurangnya kekuasaan dalam mengimplementasikan solusi. Satu-satunya cara untuk membangun masayarakat dalam jangka waktu lama adalah mengorganisasikan masyarakat dalam visi bersama. Tetapi meskipun demikian baik perjuangan, dukungan politik maupun pengembangan kemandirian ekonomi dan pengembangan internal lainya tidak akan berhasil membawa rakyat bangsa ini lepas dari permasalahan jika mengabaikan fakta adanya ketidakstabilan di dalam komunitas masyarakat, tidak adanya kelompok masyarakat terdidik secara politik dan belum tersedianya infastruktur pasar untuk akses modal dan produksi.

guskrobo-center

Tidak ada komentar:


Serapan Aspirasi